Breaking News

Perbedaan Pramugari Udara dan Darat di Dunia Penerbangan

Perbedaan Pramugari Udara dan Darat akan menjadi pokok pembahasan kita pada artikel kali ini. Pembahasan ini didasarkan atas banyaknya calon pendaftar yang masih bingung dalam memilih jurusan ketika hendak bergabung dengan Sekolah Penerbangan Terbaik FAAST Penerbangan. Mungkin Anda sendiri pun bingung mengapa ada sebutan pramugari udara dan pramugari darat dalam dunia penerbangan.


Perbedaan Pramugari Udara dan Darat di Dunia Penerbangan
Perbedaan Pramugari Udara dan Darat di Dunia Penerbangan

Dalam dunia penerbangan memang terdapat bermacam-macam jenis pekerjaan yang masing-masing memiliki peranan penting untuk kelancaran proses penerbangan. Jadi maskapai penerbangan tidak hanya butuh pilot dan pramugari saja untuk menjalankan bisnis transportasi udaranya.


Perbedaan Pramugari Udara dan Darat 

Inilah Perbedaan Pramugari Udara dan Darat. Sebetulnya sebutan pramugari darat sendiri muncul dari para penumpang untuk menyebut profesi ground staff. Jadi bukan pramugari yang tugasnya di darat melainkan memang profesi yang berbeda dengan profesi pramugari. 


Pramugari sendiri dapat didefisinikan sebagai staff/ karyawan perusahaan transportasi baik udara/ laut maupun darat yang bertugas untuk menjaga kenyamanan serta keselamatan penumpang selama perjalanan. Dimana untuk pramugari yang berkecimpung dalam dunia penerbangan tentunya harus bertanggung jawab terhadap kenyamanan dan keselamatan penumpang selama penerbangan. 



Sedangkan pramugari darat ialah sebutan dari para penumpang untuk para staff yang melayani penumpang selama masih di bandara baik sebelum maupun setelah penerbangan. Penampilannya yang juga rapi, lengkap dengan make up natural di wajahnya serta santun dan ramah dalam melayani penumpang membuat penumpang memberikan sebutan kepada para staff darat tersebut dengan sebutan pramugari darat. 


Namun tentu perihal kualifikasinya juga berbeda. Untuk menjadi pramugari udara (awak kabin) terdapat beberapa persyaratan khusus dan serangkaian tes yang harus dijalani dengan sistem gugur. berbeda lagi jika Anda hendak menjadi pramugari darat (staff penerbangan/Ground Staff) dimana setelah Anda memenuhi beberapa persyaratan menjadi staff, Anda hanya akan melalui tes tertulis, kesehatan dan wawancara saja.

Definisi dan Tugas Pramugari Udara

Perbedaan Pramugari Udara dan Darat bisa diawali dengan mengetahui definisi Pramugari Udara. Flight Attendant atau pramugari pesawat udara merupakan salah satu profesi yang sangat digandrungi oleh jutaan wanita di seluruh penjuru dunia. Sosok wanita yang cantik, ramah serta selalu tersenyum ketika memberikan pelayanan terhadap penumpang selama penerbangan membuat banyak wanita kemudian ingin menjadi sosok tersebut. 


Bagi masyarakat yang tidak terlalu mengenal dunia penerbangan mungkin hanya terlintas anggapan bahwa pramugari sebatas bertugas untuk memberikan pelayanan yang berupa penawaran makanan, minuman, bantal serta selimut selama penerbangan saja. 


Sehingga banyak yang terkesan meremehkan dan tidak terlalu prepare ketika hendak melamar kerja pada profesi ini. 


Padahal sebetulnya tugas dan tanggung jawab pramugari jauh lebih berat dari sekedar menyiapkan makanan dan minuman kepada penumpang saja. Karena kenyamanan dan keselamatan penumpang selama penerbangan menjadi tanggung jawab penuh pramugari. Mungkin hal seperti ini baru akan terlihat ketika terjadi kondisi darurat atau masalah selama penerbangan yang kemudian mengharuskan pramugari untuk sigap dan cekatan dalam melakukan evakuasi terhadap keseluruhan penumpang yang turut dalam penerbangan. 


Maka dari itu maskapai penerbangan akan sangat selektif dalam mencari calon pramugari baru yang akan bekerja di perusahaan penerbangannya.


Definisi dan Tugas Pramugari Darat 

Perbedaan Pramugari Udara dan Darat berdasarkan definisi pramugari darat. Untuk pramugari darat yang lebih dikenal dengan istilah Ground Staff atau Staff Penerbangan merupakan staff/ karyawan perusahaan penerbangan yang bertugas untuk memberikan pelayanan kepada penumpang baik pelayanan sebelum keberangkatan maupun pelayanan setelah penerbangan. 


Hal ini tentu berbeda dengan tugas pramugari yang lebih terfokus untuk bertanggung jawab kepada penumpang selama proses penerbangan berlangsung.  


Tugasnya yang banyak berhubungan secara langsung dengan penumpang membuat penumpang kemudian menjulukinya sebagai pramugari darat yang akan membantu memberikan pelayanan terhadap penumpang selama proses penerbangan. 


Meski tidak bertugas di udara, namun profesi ini juga tergolong salah satu profesi yang memiliki peranan penting dalam kelancaran proses penerbangan karena merekalah yang akan menghandle penumpang agar penerbangan bisa berjalan dengan baik (Meminimalisir agar tidak delay, tidak ada penumpang yang salah masuk pesawat, tidak ada bagasi besar yang masuk ke dalam pesawat,dll). 


Dan tidak gampang juga bagi seseorang untuk mendapatkan pekerjaan ini. 



Persyaratan Menjadi Pramugari Udara dan Darat

Perbedaan Pramugari Udara dan Darat juga terletak pada kriteria calon karyawannya. Untuk menjadi pramugari udara tentu diharuskan memiliki kemampuan berenang yang baik dan tidak boleh takut dengan ketinggian karena tentu akan selalu bertugas di udara untuk melayani penerbangan. 


Berbeda dengan pramugari darat yang bahkan tidak bisa berenang pun tetap diperbolehkan karena pekerjaannya tidak membutuhkan keahlian tersebut. Namun kedua profesi tersebut sama-sama memerlukan keahlian dalam hal berkomunikasi baik dalam Bahasa Indonesia maupun Bahasa Asing terutama Bahasa Inggris karena tugas mereka sama-sama berhubungan secara langsung dengan penumpang yang notabene nya belum tentu WNI yang bisa fasih berbahasa Indonesia. 


Kemudian untuk menjadi pramugari,seseorang juga dituntut untuk menguasai beberapa teknik penyelamanan seperti cara memadamkan kebakaran, cara memberikan nafas buatan, cara menolong orang yang mendadak terserang penyakit jantung, dll. Karena tentu di dalam pesawat terbang belum tentu ada tenaga medis yang bisa membantu penumpang yang sedang mengalami hal-hal seperti itu. 


Dan inilah beberapa persyaratan untuk menjadi pramugari udara dan pramugari darat sebuah perusahaan penerbangan: 

Syarat Menjadi Pramugari Udara (Flight Attendant)

  • Wanita berusia maksimal 23 tahun 
  • Memiliki tinggi badan 160 cm hingga 172 cm atau tergantung kebijakan masing-masing perusahaan penerbangan 
  • Pendidikan minimal SMA/K sederajat 
  • Sehat jasmani dan rohani 
  • Tidak berkaca mata dan tidak buta warna 
  • Memiliki bahu yang simetris 
  • Panjang lengan sesuai dengan ketentuan masing-masing perusahaan penerbangan yang akan disesuaikan dengan tinggi kompartemen tempat bagasi yang ada diatas kursi penumpang 
  • Tidak memiliki tato khususnya dibagian tubuh yang tidak tertutup oleh seragam 
  • Tidak memiliki keloid yang akan mengganggu penampilan 
  • Berkelakuan baik dan dapat bekomunikasi dengan baik 
  • Ramah, cekatan serta dapat bekerja dalam tim maupun individu 

Syarat Menjadi Pramugari Darat (Staff Penerbangan) 

  • Pria atau wanita berusia maksimal 24 tahun 
  • Memiliki tinggi badan minimal 165 cm bagi pria dan minimal 157 cm bagiwanita 
  • Pendidikan minimal SMA/K sederajat 
  • Sehat jasmani dan rohani 
  • Tidak buta warna dan hepatitis 
  • Dapat berkomunikasi dengan baik 
  • Diutamakan menguasai Bahasa Inggris 
  • Ramah, cekatan serta dapat bekerja dalam tim maupun individu

Sekolah Penerbangan Terbaik di Indonesia

Baik menjadi pramugari udara maupun darat tentunya akan menjadi kebanggan tersendiri bagi Anda karena kedua profesi tersebut terbilang cukup bergengsi di kalangan masyarakat. Bukan hanya itu, tidak terlalu tingginya persyaratan pendidikan yang harus ditempuh untuk menggeluti keuda profesi tersebut tentu memberikan Anda kesempatan untuk sukses sejak usia muda karena profesi tersebut bisa mulai digeluti sejak Anda usia 18 tahun. 





 
Namun beratnya tugas dan tanggung jawab baik sebagai pramugari udara/ darat tentunya mengharuskan Anda untuk mengikuti pendidikan khusus yang memang dikhususkan untuk terjun ke profesi tersebut. 


Pendidikan tersebut dapat Anda tempuh di FAAST Penerbangan yang berlokasi di kota Yogyakarta.


Saat ini FAAST Penerbangan kembali membuka pendaftaran untuk pendidikan yang akan dilaksanakan pada tahun 2019 ini. Tersedia pilihan kelas Juli dan November. Adapun langkah pendaftarannya adalah sebagai berikut: 


  • Isi formulir pendaftaran dengan cara klik pwndaftaran klik disini yang terdapat pada bagian atas sebelah kanan website www.pramugari.id kemudian lengkapi formulirnya sesuai data yang sebenarnya lalu klik daftar dan klik NEXT
  • Selanjutnya pada step 2 simpanlah USERNAME dan PASSWORD yang muncul lalu klik NEXT
  • Kemudian sampailah pada step 3 yaitu halaman untuk melengkapi berkas. Upload foto seluruh badan, surat keterangan sehat dari dokter, kartu identitas diri dan juga bukti asal sekolah. Kemudian jangan lupa klik NEXT
  • Setelah itu Anda sampai pada step 4 yaitu halaman untuk mengupload bukti pembayaran. Sebelumnya, bayar biaya pendaftaran senilai Rp 200.000,- kemudian upload bukti pembayarannya serta lengkapi detail yang diminta. Lalu klik NEXT
  • Untuk melanjutnya ke step 5, Anda perlu token dimana untuk mendapatkannya Anda bisa langsung request melalui WA 0822 2500 7272 (Kak JENI) kemudian gunakan token tersebut untuk membuka soal tes online dan klik selesai jika Anda telah selesai mengerjakan
  • Pendaftaran selesai, Anda tinggal menunggu hasil tes selama maksimal 3x24 jam. Jika dinyatakan lolos, harap segera membayar biaya daftar ulang mengingat jumlah kuota pendidikan yang tersedia cukup terbatas.


Layanan konsultasi GRATIS dapat dihubungi melalui panitia pendaftaran FAAST Penerbangan melalui kontak di bawah ini:
Kak Diyan WA 0822 2500 7272 
IG https://www.instagram.com/daftarpramugari/
Fanspage DUNIA PENERBANGAN



Demikian informasi yang dapat saya sampaikan mengenai Perbedaan Pramugari Udara dan Darat yang semoga dapat menambah wawasan Anda tentang dunia penerbangan. 
Baca juga:
Pentingnya Sekolah Pramugari
 

Tidak ada komentar