Breaking News

Pengalaman Tes Pramugari Cathay Pasific Yang Cukup Ketat

Pengalaman Tes Pramugari Cathay Pasific kali ini datang dari seorang calon pramugara bernama Fritz yang katanya harus gagal karena terlalu enerjik. Terlalu enerjik bisa membuat seseorang gagal pada tes pramugara/i? Pastinya penasaran dengan pengalamannya bukan? Cathay Pasific Airways Ltd merupakan sebuah maskapai penerbangan yang berpusat di Hongkong namun seringkali melakukan perekrutan calon awak kabinnya di wilayah Asia termasuk Indonesia.

Pengalaman Tes Pramugari Cathay Pasific Yang Cukup Ketat
Pengalaman Tes Pramugari Cathay Pasific Yang Cukup Ketat


Berdasarkan penilaian dari Skytrax, Cathay Pasific Airways Ltd merupakan maskapai terbaik di dunia sehingga di Indonesia tergolong maskapai penerbangan yang berani memberikan gaji tertinggi. Artinya maskapai ini bisa menjadi salah satu referensi untuk Anda yang ingin menjelajahi dunia dengan cara menjadi pramugari Internasional.

Syarat Menjadi Pramugari Cathay Pasific Airways Ltd


Menurut informasi, setiap bulannya maskapai Cathay Pasific Airways melayani penerbangan ke 64 destinasi baik lokal maupun internasional. Yang tentunya membuat kebutuhan tenaga handal yang menghandle penerbangannnya juga banyak.


Untuk mempertahankan kualitas pelayanannya sehingga penumpang yang sudah menggunakan jasa penerbangannya ketagihan dan tidak akan berpindah hati ke maskapai lain, tentunya Cathay Pasific Airways selalu berusaha untuk merekrut calon karyawan yang berkualitas. Termasuk untuk bagian crew cabin atau pramugari yang rata-rata adalah berwajah asia.


Untuk bisa bergabung menjadi pramugari di maskapai terbaik ini, pelamar diwajibkan untuk memenuhi serangkaian persyaratan yang meliputi:

  • Warga Negara Indonesia 
  • Wanita berusia minimal 18 tahun 
  • Minimal lulusan SMA/K sederajat 
  • Lancar Berbahasa Inggris 
  • Memiliki kemampuan interpersonal yang dipoles dengan sikap positif dan berorientasi pada penumpang 
  • Diutamakan yang sebelumnya sudah berpengalaman di dunia penerbangan 
  • Memiliki jangkauan lengan minimum 208 cm 
  • Memiliki kesehatan yang baik dan bersedia mengikuti medical examination 

Dan tentunya setelah itu pelamar akan diwajibkan untuk mengikuti serangkaian tes seleksi menggunakan sistem gugur. Anda bisa mencermati Pengalaman Tes Pramugari Cathay Pasific yang pernah di bahas dalam forum pramugari oleh seorang calon pramugara yang bernama Fritz di bawah ini.

Inilah Pengalaman Tes Pramugari Cathay Pasific Yang Dialami Fritz

"Pengalaman gue waktu mengikuti tes pramugara CX (Cathay Pasific).

Day One, seperti biasa rame banget gak cewek gak cowok. Ada yang diem aja,ada yang ga bisa diem (kayak gue) hahahaha. Karena gue sebenarnya tipikal hiperaktif, banyak energinya, dan gue banyak kenalan sana sini,karena rata-rata dari mereka tuh diem,dan gak mau kenalan. Entah karena gugup, entah grogi, entah emang gak mau sosialisasi. But whatever. Gue emang perlu ngobrol dan make a life (#jgn salah, apapun yg kita lakukan diawasi karena yg gue dengar-dengar ada orang dari HR yang berpakaian seperti pelamar dan berbaur. Tapi tingkat keakuratan berita ini masih gak jelas).


Back to the story, akhirnya representative dari CX datang. Cukup banyak, gak kayak Qatar yang cuma 2 orang HR. Nah di CX, mereka ngedatengin para senior cabin crew ada 2 cowo dan 4 cewek (salah satunya ibu2,manager crew,dan org Indonesia).


Setelah itu, kita diperkenalkan siapa2 beliau2 tersebut, kasih lihat video mengenai CX dan life disana.
Bla bla bla. Maksudnya, stlh itu ada sesi dimana kita dikasih tau semua mengenai CX, bayaran, apartemen dan semuanya lah yang kalian perlu tau dan mau tau soal CX and Hongkong. Lanjut dengan sesi tanya jawab.


Setelah selesai, kita akan dibagi2 jadi bowanyak kelompok, 1 kelompok bisa sampai 10 orang dan dari masing2 kelompok dikasih nomor, dan ditempel di dada (fungsinya untuk si HRD gak perlu hapalin nama kita, cukup sebut nomor) Kemudian, dari grup by grup akan ikutin representative masing2 ke ruangan yg tersedia.


Sampai di ruangan ada 10 kursi sesuai jumlah pelamar, kita disuruh duduk dan si HR juga duduk. Dimulai dari dia sendiri, pihak CX memperkenalkan siapa dia, posisi apa,dan ngapain secara singkat. Kemudian satu persatu juga akan ikut memperkenalkan diri, background, and so on (ada yang inggrisnya bagus, ada yang mantan crew, ada yang masih jd crew, ada yang inggrisnya *maaf gak bagus banget, pokoknya macem2 lah disana). 


Setelah selesai perkenalan, dia akan jelasin secara singkat cara main group discussion akan ada topik (gue lupa topiknya apa) tapi yang pasti topiknya general, gak rumit dan pasti bisa dibahas bersama2 dikasih waktu 10menit ato lebih dan harus ada hasil keputusan.


(Selama kita diskusi, kita dilarang melihat si HRD, so don’t look at them, karena itu udah diwarning dari awal)


Teng teng!!!discussion begin,semua langsung mau cas cis cus ngomong,hahahaha, termasuk gue. Tapi ada juga yang diem dan sama sekali gak ngomong sampai si HRD nya nanya ke org itu what do u think!!! setelah kesimpulan tercipta dan hasil diskusi adalah sekian…titik…..


Lanjut lagi, kita disuruh keluar satu persatu dan lgsg dibagikan kartu dengan warna merah dan hijau. You know lah kalo merah apa dan ijo apa,hahahaha. Gue dapat merah dan ga k lulus. Tapi yang pada bikin grup gue heran, si pendiem diatas tadi, terpilih!!!!!!!


Ya sudah, pulang dengan harapan pupus, down, sakit hati, dll. Karena gue berharap terlalu banyak untuk jad i crew. I admit it kalo gue agak gemuk, dan sekarang lagi bener2 gym keras! hahahahaha.
sooooooooo, Kesimpulan dari gue (ngga akurat,tapi kira2) bahwa CX mencari pramugara ato pramugari berwajah asia dan mereka cari yang kalem!! Beda sama Qatar ato Etihad mereka justru cari yg berenergi. coba deh perhatiin,hahahaa..itu menurut gue sih


Tapi yang jangan dilupakan, smile,smile,smile, tapi bukan smile yg norak yah, emang smile services banget!! dan be yourself!!! jangan dibuat2!!!


Buat semua yg baca,,,share jg yaaahh!!!thx "

Itulah tadi Pengalaman Tes Pramugari Cathay Pasific dari Fritz yang sebelumnya juga telah di tulis di forumpramugari.wordpres.com semoga bermanfaat Gengs.. 


Kesimpulan Tips Lolos Tes Pramugari Yang Disampaikan Oleh Fritz 

Berdasarkan tulisan Fritz mengenai Pengalaman Tes Pramugari Cathay Pasific tersebut dapat diambil kesimpulan bahwa ada beberapa tips yang sebaiknya ditempuh oleh calon pramugari agar bisa diterima di maskapai penerbangan. Seperti: 

  • Penguasaan Bahasa Asing terutama Bahasa Inggris sangat dibutuhkan untuk menjadi seorang pramugari di maskapai penerbangan
  • Menjadi pramugari harus punya kemampuan berkomunikasi yang baik
  • Memiliki sikap percaya diri memang dibutuhkan dalam pekerjaan di bidang pelayanan pelanggan namun jangan sampai Anda OVER PD karena justru akan membuat penguji illfeel
  • Sikap ramah dan murah senyum menjadi hal yang wajib melekat pada setiap calon pramugari
  • Berkecimpung dalam pekerjaan pramugari harus siap untuk melaksanakan segala tanggung jawab baik secara individu maupun tim 
  • Penampilan menarik sangat dituntut dalam pekerjaan ini, maka dari itu Anda harus berupaya agar tetap memiliki berat badan yang ideal selama mengikuti perekrutan

Demikianlah pembahasan terkait pengalaman calon pramugara Cathay Pasific bernama Fritz. Dan bagi Anda yang memiliki cita-cita untuk menjadi pramugari, ada baiknya bila Anda mempersiapkan diri dengan cara mengembangkan potensi Anda di bidang kepramugarian dengan bergabung bersama Sekolah Pramugari yang tepat. 


Informasi Sekolah Pramugari Terbaik di Indonesia

Memperkenalkan FAAST Penerbangan sebuah Sekolah Penerbangan Terbaik yang menyelenggarakan pendidikan pramugari dan juga staff penerbangan. Kampus FAAST Penerbangan terletak di kota Yogyakarta tepatnya di Jalan Siliwangi (Ringroad Utara), Jombor, Sendangadi, Mlati, Sleman. 


FAAST Penerbangan telah menyediakan fasilitas pembelajaran yang cukup lengkap dan tentunya sudah didukung oleh instructur yang sudah berpengalaman di bidangnya selama puluhan tahun. 


Meski masa pendidikan dan pelatihan yang akan berlangsung di FAAST Penerbangan terbilang cukup singkat, namun peserta didik diharapkan tetap memiliki bekal yang lengkap untuk terjun menjadi calon pramugari profesional karena telah dibekali dengan berbagai macam materi berupa: 


  • Grooming & Attitude 
  • Aviation Knowledge 
  • Passanger Handling 
  • Aviation Security 
  • Dangerous Goods
  • Social Ettiquette
  • English for Airlines
  • English for Interview
  • Psychology and Interview
  • Costumer Service
  • Employment Knowledge
  • Job motivation
  • Service Exellent
  • Survival melalui kegiatan outbond
  • Make over and beauty class
  • Mock up wet drill
  • Fire Fighting 
  • Table Manner 
  • Berenang, dll 
Cukup lengkap bukan? Bagi Anda yang tertarik untuk bergabung dengan FAAST Penerbangan bisa langsung konsultasi dengan panitia pendaftaran FAAST Penerbangan melalui kontak di bawah ini: 
Kak JENI WA/LINE 0822 2500 7272 
IG https://www.instagram.com/daftarpramugari/ 
Fanspage DUNIA PENERBANGAN

Demikian informasi yang dapat saya sampaikan mengenai Pengalaman Tes Pramugari Cathay Pasific yang cukup ketat dan semoga dapat menambah wawasan serta motivasi bagi Anda yang ingin menjadi pramugari. 

Baca juga: 

Tidak ada komentar