Breaking News

Mengenal Dangerous Goods Bagi Calon Pramugari

Mengenal Dangerous Goods bagi calon karyawan yang hendak bekerja di dunia penerbangan ialah hal wajib. Karena jika seorang karyawan dunia penerbangan tidak paham dengan klasifikasi dangerous goods bisa berakibat fatal yang salah satunya ialah terbawanya barang-barang yang membahayakan penerbangan ke dalam pesawat terbang.


Mengenal Dangerous Goods Bagi Calon Pramugari
Mengenal Dangerous Goods Bagi Calon Pramugari

Maka dari itu dangerous goods tidak hanya wajib dipelajari oleh petugas keamanan penerbangan saja tetapi juga wajib dikuasai oleh semua karyawan yang berkecimpung dalam dunia penerbangan termasuk pramugari.


Pramugari Wajib Menguasai Ilmu Dangerous Goods

Pramugari ialah salah satu profesi yang berperan penting dalam kelancaran proses penerbangan. Tugas dan tanggung jawabnya ialah untuk menjaga kenyamanan dan keselamatan penumpang selama penerbangan.


Sehingga bila ada yang mengatakan bahwa pramugari itu wajib Mengenal Dangerous Goods tentunya hal tersebut adalah hal yang tepat.Terangkutnya Dangerous Goods dalam suatu penerbangan merupakan salah satu faktor terjadinya keselakaan di pesawat selama penerbangan berlangsung.


Untuk itu seluruh staff/karyawan yang berkecimpung dalam penerbangan wajib turut mengawasi agar barang yang masuk kategori Dangerous Goods tersebut tidak dibawa penumpang hingga ke pesawat terbang saat akan melakukan penerbangan.


Meskipun ketika akan memasuki area pintu keberangkatan pesawat setiap penumpang ataupun pengguna bandara termasuk barang bawaannya akan di cek oleh petugas keamanan penerbangan namun tetap saja staff lain tidak boleh menutup mata dan telinga ketika melihat dan mendengar terdapat penumpang yang hendak memasukkan barang kategori Dangerous Goods tersebut ke pesawat.



Karena jika hal tersebut sampai terjadi maka keselamatan penerbangan akan terancam dan tentunya mengakibatkan kerugian yang sangat banyak. Dalam dunia penerbangan, baransekog-barang yang masuk dalam kategori Dangerous Goods terbilang cukup banyak. Sehingga jika nanti Anda bekerja di dunia penerbangan Anda harus benar-benar cermat mengawasi hal ini agar jangan sampai ada penumpang yang diam-diam membawa barang berbahaya ini ke pesawat. Karena sebagian besar penumpang terlihat masih belum menyadari akibat buruk yang akan terjadi bila barang-barang yang mungkin dianggap sepele oleh mereka tersebut ternyata dapat menimbulkan bencana saat penerbangan berlangsung.


Dapat diambil kesimpulan juga bahwa untuk menjadi pramugari itu tidak cukup dengan memiliki wajah cantik saja.


Mengenal Dangerous Goods Sebelum Melamar Sebagai Pramugari


Mengenal Dangerous Goods. Berdasarkan data asosiasi angkutan udara internasional Dangerous Goods adalah sesuatu yang sangat berbahaya atau zat yang dapat berpotensi membahayakan secara nyata baik terhadap kesehatan, keselamatan, atau harta milik jika diangkut oleh sebuah pesawat udara.


Bahayanya tidak hanya akan berakibat terhadap nyawa para penumpang yang ada di pesawat tetapi juga akan mengakibatkan kerugian materiil karena rusaknya pesawat terbang akibat kecelakaan. Sesungguhnya barang berbahaya masih dapat diangkut oleh pesawat udara akan tetapi harus memenuhi berbagai ketentuan khusus yang sesuai dengan peraturan yang berlaku.


Termasuk beberapa aturan dalam segi pengemasan atau cara peletakan, serta pemberian label dan tempat penyimpanannya.

 
Mengingat besarnya pengaruh yang ditimbulkan oleh Dangerous Godds ini maka ketika Anda ingin menjadi pramugari Anda harus hafal betul mengenai apa saja kelompok barang berbahaya yang dilarang masuk kedalam kabin pesawat. 


Inilah pengelompokan Dangerous Goods beserta cara aman pengangkutannya:
  1. Kelompok A
    Yakni barang-barang berbahaya yang masih dapat diangkut oleh pesawat penumpang ataupun kargo bila cara pengemasan, tempat penyimpanan serta pemberian labelnya sudah tepat.
     
  2. Kelompok B
    Yakni barang-barang yang sangat berbahaya dan hanya dapat diangkut menggunakan pesawat kargo saja. Sehingga tidak diperbolehkan untuk ikut diangkut bersama pesawat penumpang.
  3. Kelompok C
    Yakni barang-barang yang lebih berbahaya dibanding kelompok B. Sehingga tidak diperkenankan untuk diangkut menggunakan pesawat penumpang ataupun cargo.

 Dangerous Goods Regulation

Setelah Mengenal Dangerous Goods kemudian Anda bisa lanjut untuk mengetahui tentang Dangerous Goods Regulation. Dangerous Goods Regulation ialah peraturan yang berkaitan dengan barang-barang berbahaya.


Secara kolektif, peraturan barang-barang berbahaya ini mencangkupyang barang berbahaya harus ditangani cara pengangkutan, pengemasan, dan juga pelabelan. 



Kerangka peraturan tersebut kemudian menggabungkan sistem klasifikasi yang komprehensif bahaya untuk memberikan taksonomi barang berbahaya. Dan kemudian dipecah menjadi sembilan kelas sesuai dengan jenis bahan berbahaya yang ada. Klasifikasi atau penggolongan tersebut meliputi:
  1. Bahan Peledak 
  2. Gas    
  3. Zat-zat cair yang mudah terbakar 
  4. Zat-zat Padat yang mudah terbakar
  5. Oksidator 
  6. Zat Beracun & Infectious 
  7. Zat Radioaktif 
  8. Bahan korosif 
  9. Aneka Barang Berbahaya

Solusi Mengetahui Dangerous Goods Hingga Mendapat Kecakapan/Lisensinya

Pentingnya penguasaan mengenai Dangerous Goods secara tidak langsung mengharuskan Anda yang bercita-cita untuk berkecimpung di dunia penerbangan untuk belajar tentang hal ini. Namun tentunya sangat sulit untuk mempelajari materi ini tanpa adanya bimbingan dari orang yang sudah mahir tentang materi ini. 


Maka dari itu, sangat disarankan bagi Anda yang hendak melanjutkan karir ke dunia penerbangan khususnya pramugari agar bergabung dan melanjutkan pendidikan di Sekolah Pramugari


PSPP Penerbangan adalah salah satu Sekolah Pramugari paling recommended yang dapat Anda pilih untuk menjembatani Anda melangkah mewujudkan cita-cita sebagai seorang pramugari.Selain akan diberikan materi-materi seputar kepramugarian, Anda juga akan dibekali materi Dangerous Goods. Bahkan Anda pun akan diberikan Lisensi Dangerous Goods Regulation atau yang dikenal dengan lisensi DGR setelah lulus dari pendidikan dan pelatihan di PSPP Penerbangan. 
Mengenal Dangerous Goods Bagi Calon Pramugari
Mengenal Dangerous Goods Bagi Calon Pramugari


Sehingga peluang untuk bisa mewujudkan cita-cita sebagai seorang pramugari akan semakin terbuka lebar karena Anda telah dianggap memiliki kecakapan dalam hal peraturan barang-barang berbahaya. 


Saat ini PSPP Penerbangan masih membuka pendaftaran dan penerimaan peserta didik baru. Bagi Anda yang ingin mengetahui informasinya lebih lanjut silakan langsung menghubungi panitia pendaftaran PSPP Penerbangan All Cabang melalui kontak di bawah ini: 

Kak Diyan 
WA/LINE 0822 2500 7272 
Formulir Pendaftaran KLIK DISINI 
IG daftarpramugari 

Demikian informasi yang dapat saya sampaikan tntang Mengenal Dangerous Goods bagi Calon Pramugari, semoga bermanfaat bagi Anda. Jangan lupa bagikan artikel ini melalui tautan sharing. 


Baca juga:
1. Jenjang Karir Pramugari

2. Tes Keperawanan Pramugari

 

Tidak ada komentar