Breaking News

Jadi Awak Kabin Itu Gak Cukup dengan Modal Cantik

Jadi Awak Kabin itu Gak Cukup dengan Modal Cantik. Yah. Meskipun hingga detik ini penampilan menarik, masih menjadi persyaratan mutlak yang wajib dimiliki seorang awak kabin. Namun cantik, berkulit putih, berbadan seksi, belum dapat menjamin Anda bisa langsung diterima menjadi awak kabin di maskapai penerbangan.

Jadi Awak Kabin Itu Gak Cukup dengan Modal Cantik
Jadi Awak Kabin Itu Gak Cukup dengan Modal Cantik


Cantik Saja Gak Cukup Buat Jadi Awak Kabin Inilah Syarat Lainnya

Awak kabin merupakan sebutan bagi karyawan atau staff di suatu perusahaan transportasi udara yang bertanggung jawab untuk menjaga, melayani serta menjamin keselamatan penumpang dari mulai masuk sarana tranportasi hingga turun di tempat tujuan. Profesi ini lebih dikenal dengan sebutan pramugari atau Flight Attendant.


Meski tugas seorang awak kabin terdengar sepele bahkan ada yang menganggap sama dengan pelayan restoran namun profesi ini setiap kali bertugas awak kabin harus bertaruh nyawa.

Jadi Awak Kabin Itu Gak Cukup dengan Modal Cantik
Jadi Awak Kabin Itu Gak Cukup dengan Modal Cantik

Untuk itu, dalam setiap penerimaan pramugari di maskapai penerbangan akan diseleksi dengan sangat ketat. Menggunakan serangkaian tes dan persyaratan yang wajib dipenuhi oleh setiap pelamar kerja. Seperti topik kali ini bahwa Jadi Awak Kabin itu gak Cukup dengan Modal Cantik saja. Anda juga harus memenuhi beberapa kualifikasi dibawah ini:

  • Wanita berusia 18-27 tahun
  • Minimal lulusan SMA/K sederajat
  • Memiliki tinggi badan minimal 160 cm
  • Sehat jasmani dan rohani
  • Tidak memiliki bekas luka permanen atau keloid
  • Berpenampilan menarik
  • Dapat berkomunikasi dengan baik
  • Tidak buta warna dan hepatitis
  • Belum pernah menikah
Dengan terpenuhinya semua kualifikasi yang saya sebutkan diatas artinya Anda sudah punya peluang 50% untuk diterima. Dan 50% nya Anda harus berjuang untuk mengikuti serangkaian tahapan tes yang diadakan oleh maskapai penerbangan.


Baca juga: Kenapa Perlu Ikut Sekolah Pramugari Sebelum Melamar ke Maskapai Penerbangan?

Jadi Awak Kabin Itu Harus Lolos Dalam Semua Rangkaian Tes Ini

Seperti yang telah saya sampaikan sebelumnya, bahwa terdapat beberapa rangkaian tes yang harus dilalui oleh calon awak kabin. Dimana maskapai biasanya memberlakukan sistem gugur dalam setiap tahapannya.

Artinya jika dalam tahap pertama sudah gagal, calon awak kabin secara otomatis tidak dapat melanjutkan lagi ke tahapan tes selanjutnya.


Berikut beberapa rangkaian tes yang harus dilalui oleh calon awak kabin di suatu maskapai penerbangan:


  • Tes Penampilan
Yang akan di tes pada tahap ini antara lain tinggi & berat badan, cara berjalan, duduk, berpenampilan, kondisi kulit, kebersihan gigi, dll. Di kebanyakan maskapai, tahap ini memang selalu berada di no 1 dan akan banyak menggugurkan calon awak kabin.


  • Psikotes dan Bahasa Inggris
Calon awak kabin yang dinyatakan lolos pada tes pertama, dapat langsung mengikuti tes kedua ini. Psikotes dan Bahasa Inggris umumnya akan berlangsung secara tertulis dan berkelanjutan pada hari yang sama. Bagi pelamar yang  baru saja lulus atau belum punya pengalaman perekrutan. Tentu masih awam dengan tes semacam psikotes yang sebenarnya tujuannya adalah untuk mengetahui sifat pelamar secara psikologis.

Jadi Awak Kabin Itu Gak Cukup dengan Modal Cantik
Jadi Awak Kabin Itu Gak Cukup dengan Modal Cantik


  • Tes Wawancara
Tahap ini adalah tes yang akan berlangsung secara lisan antara penguji dengan calon awak kabin. Tahap ini juga biasanya akan banyak membuat calon awak kabin gugur.


  • Tes Kesehatan
Tahap selanjutnya, yaitu tes kesehatan. Semua kondisi kesehatan calon awak kabin akan dicek. Mulai dari kulit, gigi, mata, pendengaran, jantung, paru-paru, urine dll. Sampai benar-benar dipastikan bahwa maskapai penerbangan mendapatkan kandidatawak kabin yang sehat dan tidak mengidap penyakit berat. Sehingga dapat menjalankan tugasnya dengan baik.

  • Tes Pantukhir
Tes pantukhir ini akan mempertemukan calon awak kabin yang sudah lolos pada ke 4 tahap sebelumnya dengan direksi perusahaan dari maskapai yang hendak dimasuki. Tetap tenang, tampilkan wajah ramah Anda pada direksi. Karena nasib Anda akan ditentukan pada tahap ini.


Itulah ke 5 tahap yang harus dilalui oleh calon pramugari. Yang mendukung judul artikel ini bahwa Jadi Awak Kabin itu Gak Cukup dengan Modal Cantik.


Baca juga: Hal Yang Dipelajari Siswi Pramugari di PSPP Penerbangan

Jadi Awak Kabin Harus Siapkan 5 Hal Ini

Saya tekankan kembali bahwa bermodal cantik saja tidak akan dapat menjamin Anda bisa diterima jadi Awak Kabin. Terbukti dengan banyaknya calon awak kabin cantik yang masih saja gagal saat mengikuti tes pramugari. Padahal secara fisik sudah terlihat sempurna.


Lalu apa yang salah? Jawabannya sudah sangat jelas bahwa Jadi Awak Kabin Itu Gak Cukup dengan Modal Cantik. Banyak hal yang diperlukan dan harus disiapkan untuk dapat menjadi seorang awak kabin. Selain tentunya adalah penampilan menarik.

 
Hal tersebut lah yang nantinya dapat Anda pelajari atau peroleh ilmunya saat menempuh pendidikan si Sekolah Pramugari. Jadi meskipuu ijazah minimal yang dicari oleh maskapai adalah SMA sederajat, namun alangkah baiknya jika Anda tetap melanjutkan pendidikan Anda ke Sekolah Pramugari.


Toh Anda tak harus menghabiskan waktu bertahun-tahun karena menempuh pendidikan di Sekolah Pramugari bisa cukup dengan waktu 6 bulan. Bahkan sudah termasuk kegiatan On the Job Training.

  • Awak Kabin Itu Harus Serba Tau
Banyak wawasan dan pengalaman adalah itulah hal yang harus dimiliki oleh awak kabin. Karena saat penerbangan berlangsung, awak kabin harus bertanggung jawab atas kenyamanan dan keselamatan semua penumpang.


Bila terdapat penumpang yg sakit saat penerbangan, ada kejadian yg melanggar aturan hukum, atau yang lainnya awak kabin harus segera mengambil tindakan. Maka dari itu, sebelum menjalankan tugas calon awak kabin akan diberikan pembelajaran cara menjadi perawat, psikolog, pemadam kebakaran, melawan teroris, dll.Termasuk ketika Anda mengikuti Sekolah Pramugari di PSPP Penerbangan.


Baca juga: Motivasi Jadi Pramugari dari FA Qatar Yg Sempat Ditolah 22 kali

  • Awak Kabin Harus Punya Jiwa Melayani
Selain dituntut untuk serba bisa, awak kabin juga harus punya jiwa melayani. Sehingga maskapai akan mencari pelamar yang luwes dan tidak kaku. Dengan harapan agar nantinya ketika menjalankan tugas di pesawat, dapat memberikan pelayanan yang maksimal pada penumpang.


Jiwa melayani tentu tidak semua orang memilikinya. Untuk itu, diperlukan juga pembiasaan atau latihan agar dapat memberikan pelayanan maksimal. Dan bisa Anda pelajari selama mengikuti pendidikan di PSPP Penerbangan.

  • Awak Kabin Dilarang Moody
Bekerja dalam bidang pelayanan pelangan sangat tidak dianjurkan memiliki suasana hati yang mudah berubah-ubah. Seorang awak kabin harus bisa bekerja secara profesional dan mengendalikan emosinya dengan baik.  Jauhi perasaan baper, mudah marah, dan intinya tetap harus bersabar pada saat berhadapan dengan penumpang. Baik penumpang yang sedang marah-marah maupun penumpang yang lelet dan terkesan menjengkelkan.

  • Awak Kabin Harus Siap Menanggung Resiko Terburuk
Resiko terburuk dalam pekerjaan di bidang transportasi udara adalah kecelakaan pesawat. Yang tentunya nyawa pun bisa menjadi taruhannya. Hal ini sudah menjadi resiko yang harus diterima oleh seseorang yang bertugas sebagai awak kabin.

Jadi Awak Kabin Itu Gak Cukup dengan Modal Cantik
Jadi Awak Kabin Itu Gak Cukup dengan Modal Cantik

Bahkan saat terjadi situasi darurat, pramugari awak kabin dituntut untuk mementingkan keselamatan penumpangnya terlebih dulu. Untuk itu awak kabin harus benar-benar paham tentang keselamatan penerbangan. Serta bagaimana cara untuk menggunakan peralatan keselamatan penerbangan.


Anda juga akan mendapatkan ilmu tersebut saat mengikuti pendidikan di Sekolah Pramugari PSPP Penerbangan.
  • Jadi Awak Kabin Itu Harus Punya Attitude
Attitude dalam bekerja tentu akan sangat dibutuhkan dalam pekerjaan apapun. Termasuk untuk karir di penerbangan sebagai seorang awak kabin.Selain harus punya attitude yang baik, seorang awak kabin tentu juga harus paham segala hal tentang kepramugarian.


Itulah tadi pembahasan saya terkait Jadi Awak Kabin Itu Gak Cukup dengan Modal Cantik. Semoga bermanfaat dan membuat Anda semakin bersemangat untuk mewujudkan cita-cita Anda menjadi seorang awak kabin.
 

Sekian informasi ini dan untuk informasi selengkapnya terkait pendaftaran dan penerimaan siswa baru di Sekolah Pramugari Terbaik PSPP Penerbangan silakan langsung WA 0822-2500-7272. Dan jangan enggan untuk membagikan informasi ini bila Anda merasa informasi ini dapat bermanfaat bagi orang lain. Klik disini untuk temukan formulir pendaftarannya.

Tidak ada komentar