Breaking News

4 Tingkatan Jenjang Karir Pramugari di Maskapai Garuda Indonesia

Setiap pekerjaan tentu memiliki jenjang karir masing-masing. Termasuk jika Anda menjadi pramugari Garuda Indonesia. Pada kesempatan kali ini akan saya bahas topik mengenai 4 tingkatan Jenjang Karir Pramugari  di Maskapai Garuda Indonesia.

Jenjang Karir Pramugari di Masing-Masing Perusahaan Itu Berbeda 

Salah satu hal yang ingin dicapai dalam suatu pekerjaan tentunya adalah kenaikan pangkat atau yang disebut juga sebagai jenjang karir. Untuk profesi pramugari sendiri rupanya juga memiliki jenjang karir lho.


Dimana untuk tingkatan-tingkatan ini juga akan berpengaruh terhadap tanggung jawab dan juga gaji yang akan diterima oleh setiap pramugari. Mengenai apa saja tingkatan Jenjang Karir Pramugari tiap maskapai penerbangan tentu sudah memiliki ketentuan nya masing-masing. Sehingga Anda tidak bisa menyamakan 1 dengan yang lainnya. 




4 Tingkatan Jenjang Karir Pramugari di Maskapai Garuda Indonesia
4 Tingkatan Jenjang Karir Pramugari di Maskapai Garuda Indonesia


Pramugari sendiri merupakan salah satu profesi dalam dunia penerbangan yang memiliki peranan penting dalam kelancaran proses penerbangan. Tugasnya adalah menjaga kenyamanan dan keselamatan penumpang selama penerbangan. Dalam kesempatan ini, saya akan membahas tingkatan jenjang karir yang berlaku pada profesi pramugari di Maskapai Penerbangan Garuda Indonesia. Yang tentu banyak diantara Anda yang juga penasaran dengan hal ini. 



Jenjang Karir Pramugari Yang Berlaku di Garuda Indonesia

Garuda Indonesia merupakan maskapai nasional yang dimiliki oleh Indonesia. Maskapai satu ini kerap kali mendapat penghargaan level dunia sebagai maskapai dengan pramugari paling ramah. Dan beberapa penghargaan lain. 




Selain itu, maskapai penerbangan Garuda Indonesia juga dinilai sangat bagus dalam memberikan fasilitas bagi para karyawan yang turut andil dalam membantu proses kelancaran penerbangan. Termasuk untuk profesi pramugari. 




Baca juga: 15 Bocoran Soal Tes Tertulis Yang Tersulit Muncul Dalam Tes Pramugari


Terkait Jenjang Karir Pramugari di Garuda Indonesia, rupanya terdapat 4 tingkatan jenjang karir. Yaitu dimulai dari Pramugari Junior, Pramugari Senior, Maitre D'Cabin dan terakhir adalah Flight Manager Service. 




Dimana untuk bisa naik ke tingkat berikutnya, masing-masing pramugari harus mengikuti training terlebih dahulu dan selanjutnya akan dievaluasi apakah layak untuk naik ke tingkat selanjutnya atau belum. Itulah gambaran terkait Jenjang Karir Pramugari ynag berlaku di maskapai penerbangan Garuda Indonesia. 




Jenjang Karir Pramugari di Garuda Indonesia Dapat Diketahui Berdasarkan Warna Seragam

Bila Anda kerap kali menggunakan jasa penerbangan Garuda Indonesia untuk melakukan perjalanan jauh, Anda tentu sudah tidak asing dengan seragam yang dikenakan oleh para pramugarinya bukan? Ya. Pramugari Garuda Indonesia tampil dengan kebaya dengan warna yang berbeda-beda. 

Bukan tanpa alasan, rupanya pemberian warna yang berbeda tersebut juga untuk membedakan tugas dan tanggung jawab mereka berdasarkan jenjang karirnya masing-masing. 

Diketahui bahwa pramugari Garuda Indonesia yang  mengenakan seragam warna hijau tosca merupakan pramugari yang masih junior sedangkan untuk pramugari yang mengenakan seragam berwarna oranye adalah pramugari senior. Baik pramugari junior maupun senior ketika dalam penerbangan mereka berfungsi sebagai pelaksana. 
4 Tingkatan Jenjang Karir Pramugari di Maskapai Garuda Indonesia
4 Tingkatan Jenjang Karir Pramugari di Maskapai Garuda Indonesia

4 Tingkatan Jenjang Karir Pramugari di Maskapai Garuda Indonesia
4 Tingkatan Jenjang Karir Pramugari di Maskapai Garuda Indonesia


Kemudian terdapat juga pramugari yang memakai seragam warna ungu lyla yang bertugas sebagai koordinator di setiap kelas seperti Business Class, Economy Class, maupun First Class. Dimana untuk Jenjang Karir Pramugari pada tingkat ke 3 ini disebut dengan Maitre D'Cabin (MDC).


4 Tingkatan Jenjang Karir Pramugari di Maskapai Garuda Indonesia
4 Tingkatan Jenjang Karir Pramugari di Maskapai Garuda Indonesia

Seperti yang sebelumnya telah saya sampaikan, bahwa untuk setiap kenaikan jenjang karir, masing-masing pramugari harus menjalani training terlebih dulu. Dan kemudian akan mengikuti penilaian atau evaluasi apakah telah dianggap qualified sesuai training dan persyaratan atau masih perlu mengulang lagi. 

Baca juga: Gambaran Tahap Walking Tes Pramugari Garuda Indonesia

Level tertinggi dalam Jenjang Karir Pramugari di Garuda Indonesia adalah Flight Manager Service. Dimana untuk warna seragam yang dikenakan untuk posisi ini adalah warna biru. 

Berbeda dengan kenaikan dari junior ke senior maupun senior ke Maitre D'Cabin. Kenaikan dari jenjang Maitre D'Cabin ke Flight Manager Service ini memang dianggap paling sulit. Terang saja, karena untuk berada pada posisi jenjang karir tertinggi ini diperlukan kompetensi dan standart yang tinggi pula. 
4 Tingkatan Jenjang Karir Pramugari di Maskapai Garuda Indonesia
4 Tingkatan Jenjang Karir Pramugari di Maskapai Garuda Indonesia


Jika terdapat seorang Maitre D'Cabin yang berkompeten dan mampu memenuhi persyaratan tertentu, maka pramugari tersebut dapat di bidding menjadi Flight Manager Service. Dan selanjutnya calon Flight Manager Service pun juga akan menjalani beberapa tes untuk masuk pendidikan agar bisa lulus menjadi Flight Manager Service yang sesungguhnya. 





Jenjang Karir Pramugari Memang Sangat Menggiurkan 


Begitulah 4 tingkatan jenjang karir pada profesi pramugari di Garuda Indonesia. Dimana setiap naik tingkatan pasti akan terdapat tes dan tantangan lainnya.


Meskipun akan terdapat banyak tantangan, namun profesi ini memiliki banyak pula manfaat dan kesempatan. Yakni, selain dari segi penghasilan yang cukup tinggi, menjadi seorang pramugari pun memiliki banyak kesempatan untuk mengunjungi tempat-tempat baru di seluruh penjuru dunia dengan sangat mudah.


Bahkan tidak perlu mengeluarkan ongkos untuk membeli tiket penerbangan dari satu negara ke negara lain, dikarenakan hal ini dapat dilakukan di waktu-waktu senggang ketika Anda bertugas sebagai Flight Attendant penerbangan International.


Tak hanya itu, menjadi Fligh Attendant tentunya akan membuka kesempatan Anda untuk bertemu bahkan berkomunikasi dengan Publik Figur, baik artis, pejabat negara maupun atlet International.
Bahkah tidak jarang juga seorang pramugari bisa bertemu dengan calon pasangan hidup yang tentunya akan sebanding dengan kehidupan Anda sebagai seorang pramugari yang berkelas.


Baca juga: Kenapa Harus Mengikuti Sekolah Pramugari Dulu Sebelum Mengikuti Tes Pramugari di Maskapai?


Hal ini dikarenakan pesawat terbang merupakan alat transportasi yang sering digunakan oleh para Pablik Figur yang tentunya memiliki jadwal padat. Dengan demikian, marilah kita menerapkan sikap optimisme untuk mewujudkan apapun yang telah menjadi impian kita dimasa depan. Salah satunya jika Anda memiliki cita-cita untuk menjadi seorang pramugari di maskapai penerbangan.


Sebagai rekomendasi bagi Anda, Anda bisa mengikuti sekolah pramugaru terlebih dulu agar peluang Anda untuk menjadi seorang pramugari semakin terbuka lebar. saat ini telah terdapat 4 kampus atau Sekolah Pramugari yang berkualitas di 4 kota di Indonesia. Tepatnya di kota Lampung, Jakarta, Yogyakarta dan juga Makassar.

4 Tingkatan Jenjang Karir Pramugari di Maskapai Garuda Indonesia
4 Tingkatan Jenjang Karir Pramugari di Maskapai Garuda Indonesia

Apabila Anda tinggal diluar dari 4 kota yang saya sebutkan Anda masih tetap bisa bergabung dengan mengikuti pendaftaran secara online. Tak perlu takut ataupun cemas karena mayoritas pendaftar memang dari luar kota dan selama pendidikan berlangsung mereka akan tinggal di kos yang tidak terlalu jauh dari lokasi kampus. Sehingga saat menempuh pendidikan Anda akan bertemu dengan teman-teman baru dari berbagai suku, ras, agama dan wilayah yang berbeda.


Untuk informasi selengkapnya terkait pendaftaran di PSPP Penerbangan silakan langsung menghubungi Kak Diyan melalui WA/LINE 0822-2500-7272. Atau bisa langsung mengisi formulir pendaftaran disini. Sekian informasi dari saya dan silakan bagikan informasi ini kepada rekan kerja, teman, sahabat, atau putra-putri Anda yang sekiranya punya cita-cita untuk bekerja di penerbangan. Terimakasih dan semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar