Breaking News

Apakah Jadi Pramugari Tidak Boleh Menikah?

Apakah Jadi Pramugari Tidak Boleh Menikah?
Apakah Jadi Pramugari Tidak Boleh Menikah?

Apakah Jadi Pramugari Tidak Boleh Menikah? Pertanyaan semacam ini seringkali muncul ketika banyak wanita berbakat hendak mendaftarkan diri sebagai pramugari. Sering juga saya temui selama saya menjadi panitia pendaftaran di sebuah Sekolah Pramugari Terbaik di Indonesia. Anda juga penasaran dengan jawabannya? Simak penjelasan dalam artikel ini yang meerupakan kumpulan jawaban dari beberapa artikel yang pernah saya baca.

Apakah Pramugari Tidak Boleh Menikah Termasuk Ketentuan Menjadi Pramugari?  

Sebelum membahas jawaban terkait rumor Pramugari Tidak Boleh Menikah. Ada baiknya bila Anda mengetahui persyaratan umum dari pendaftaran pramugari terlebih dahulu. Persyaratan umum tersebut biasanya meliputi:
  1. Wanita
  2. Berusia sekitar 18-28 tahun
  3. Belum pernah menikah
  4. Sehat jasmani dan rohani
  5. Lulusan SMU/SMK/D3/S1
  6. Memiliki kepribadian yang menyenangkan
  7. Ramah
  8. Pekerja keras dan bersedia ditempatkan di luar daerah asal
  9. Memiliki tinggi badan minimal 158 cm dan maksimal 172 cm dengan postur tubuh proporsional
  10. Tidak berkacamata dan buta warna
  11. Diperbolehkan menggunakan kontak lensa dengan ketentuan minus maksimal -2.00 dan silindris maksimal C-100
  12. Mampu berbahasa Inggris dengan baik
Dari beberapa persyaratan diatas, mungkin pertanyaan yang menjadi judul artikel ini muncul dari persyaratan ke 3 yaitu yang mengharuskan pramugari untuk memiliki status belum pernah menikah pada saat akan melamar kerja. 

Landasan Hukum Terkait Pramugari tidak Boleh Menikah

Setelah mengetahui persyatannya, berikut saya paparkan landasan hukum terkait Pramugari Tidak Boleh Menikah. Dalam Undang Undang Nomor 13 Tahun 2013 Tentang Ketenagakerjaan Pasal 109 dinyatakan bahwa peraturan perusahaan disusun oleh pemilik perusahaan dan menjadi tanggung jawabnya.

Kemudian dalam Pasal 110 disebutkan bahwa peraturan tersebut harus disusun berdasarkan saran atau pertimbangan pekerja.

Kembali kepada persyaratan, ada satu hal yang harus diluruskan di sini. Persyaratan umum poin ketiga menyatakan bahwa pendaftar belum pernah menikah.

Pernyataan “belum pernah menikah” tentunya berbeda makna dengan pernyataan “tidak boleh menikah."

Pernyataan tersebut menegaskan dengan jelas bahwa pramugari tetap boleh menikah. Namun biasanya ada peraturan yang menambahkan bahwa pramugari boleh menikah setelah bekerja selama satu atau dua tahun atau tergantung batas waktu yang menjadi aturan masing-masing perusahaan.

Kemudian, Pasal 6 Undang Undang Nomor 13 Tahun 2013 Tentang Ketenagakerjaan juga menyatakan bahwa setiap pekerja/buruh berhak untuk mendapatkan perlakuan yang sama tanpa diskriminasi.

Hak menikah dan membangun keluarga jelas merupakan hak asasi setiap pekerja sehingga perusahaan jelas tidak boleh melarangnya. Pasal ini, bersama-sama dengan kedua pasal yang diuraikan sebelumnya, yang jelas menyatakan bahwa pramugari boleh menikah.

Dalam jangka panjang, apabila pramugari mengalami pemutusan hubungan kerja karena kehamilan maka maskapai dapat dikenakan tuntutan hukum. Yang menjadi dasar dari tuntutan hukum tersebut adalah Pasal 153 ayat (1) dan (2) UU Nomor 13 Tahun 2013 Tentang Ketenagakerjaan.

Pasal 153 ayat 1 menyatakan bahwa pengusaha tidak boleh melakukan pemutusan hubungan kerja dengan alasan kehamilan. Menurut Pasal 153 ayat 2, pemutusan hubungan kerja semacam itu akan menjadi batal demi hukum dan pekerja harus diperbolehkan bekerja kembali.

Itulah landasan hukum yang dapat memberikan jawaban secara jelas dan detail terkait rumor Pramugari Tidak Boleh Menikah.

Bukti Bahwa Pramugari Tidak Boleh Menikah Itu Hanya Rumor

Yang menjadi salah satu bukti bahwa pramugari itu diperbolehkan menikah setelah beberapa tahun bekerja. Adalah adanya keuntungan tambahan yang dapat dinikmati noleh keluarga inti pramugari.

Dikutip dari laman resmi salah satu maskapai terkemuka di Indonesia, bagi pendaftar yang diterima bekerja sebagai pramugari akan mendapatkan beberapa fasilitas seperti:
  1. Pendidikan atau training di sekolah pramugari maskapai bersangkutan
  2. Gaji dengan kisaran Rp 15.000.000,00/bulan
  3. Tiket PP gratis dari maskapai bersangkutan untuk semua tujuan di seluruh Indonesia bagi keluarga, termasuk suami hingga anak ketiga
  4. Menginap di hotel terbaik
Dengan memperhatikan keuntugan tersebut, dan juga sejumlah landasan hukum diatas tentu saja sudah sangat jelas bahwa pernyataan yang menyatakan Pramugari Tidak Boleh Menikah itu hanyalah rumor. Namun tentunya pernikahan yang dilakukan oleh pramugari harus pada masa setelah beberapa tahun menjadi pramugari di maskapai tertentu sehingga sesuai dengan hukum yang berlaku.

Sekolah Pramugari Terbaik di Indonesia Membuka Pendaftaran 

 Sekolah Pramugari Terbaik di Indonesia merupakan sekolah loanjutan yang banyak diincar oleh calon pramugari. Saat ini PSPP Penerbangan sudah membuka pendaftaran di 4 kampus yang ada di Jakarta, Lampung, Yogyakarta dan Makassar. 

PSPP Penerbangan telah berhasil mengantarkan ribuan alumninya sukses bekerja di penerbangan. bagi Anda yang tertarik bergabung dengan PSPP Penerbangan, segera daftarkan diri Anda sekarang juga.

Hubungi panitia pendaftaran melalui WA di 0822-2500-7272 untuk mendapatkan formulirnya. Serta dibimbing untuk mengikuti pendaftaran, tes hingga Anda mendapat surat hasil seleksi. 

 Demikianlah jawaban terkait pertanyaan apakah jadi pramugari tidak boleh menikah. Semoga dapat menjawab rasa penasaran para pendaftar dan menambah wawasan. Terimakasih.

Tidak ada komentar