Breaking News

Cara Menghitung Berat Badan Ideal Pada Tes Performance Pramugari



Cara Menghitung Berat Badan Ideal pada Tes Performance Pramugari  Memiliki tubuh yang ideal tentu menjadi dambaan bagi banyak orang . Baik kaum adam , hawa , anak muda maupun orang tua . Selain akan membuat seseorang yang bertubuh ideal merasa lebih percaya diri dengan penampilannya , memiliki tubuh ideal tentunya juga akan membuat badan menjadi lebih sehat

Cara Menghitung Berat Badan Ideal Pada Tes Performance Pramugari

Selain itu , terkadang berat badan yang berlebih maupun kurang seimbang juga dapat menghambat peluang Anda untuk mewujudkan suatu cita – cita lho . Contohnya saja adalah pekerjaan sebagai seorang pramugari . 

Baik dalam dunia penerbangan , di kereta api , ataupun di kapal , karyawan yang bertugas sebagai seorang pramugari tentu dituntut untuk memiliki tubuh yang ideal . Alasannya , karena dengan dimilikinya tubuh yang ideal tersebut seseorang akan lebih menarik untuk dilihat serta juga akan lebih mudah dalam melakukan aktifitasnya yang tentu akan berbeda dengan seseorang yang memiliki berat badan berlebih .

Tes Performance Pramugari

Mengingat pramugari adalah karyawan yang akan melayani penumpang selama perjalanan baik pada transportasi darat , udara maupun laut sehingga performance pramugari pada saat bekerja ini harus benar – benar diperhatikan . Sehingga tidak heran apabila untuk dapat menggeluti karir ini , seseorang harus terlebih dahulu lolos dalam beberapa tahapan tes termasuk tahap Tes Performance Pramugari .
Cara Menghitung Berat Badan Ideal Pada Tes Performance Pramugari
Selain mengenai cara berpakaian , cara berdandan / berpenampilan , cara berjalan , cara duduk , tinggi serta berat badan juga tak luput dari penilaian pada Tes Performance Pramugari ini . Lalu bagaimana kriteria tubuh yang ideal untuk menjadi seorang pramugari itu ?

Untuk menjawab pertanyaan tersebut ada baiknya jika Anda membaca beberapa persyaratan untuk menjadi seorang pramugari di bawah ini :
1.    Wanita berusia 18 – 23 tahun
2.    Pendidikan minimal SMA / SMK Sederajat
3.    Sehat jasmani dan rohani
4.    Memiliki tinggi badan minimal 160 cm , dengan berat badan yang proporsional
5.    Tidak mengalami buta warna maupun hepatitis
6.    Belum pernah menikah
7.    Tidak memiliki bekas luka permanen

Pada point ke – 4 persyaratan untuk menjadi seorang pramugari diatas sudah disebutkan bahwa untuk menjadi pramugari , seseorang wanita harus memiliki tinggi badan minimal 160 cm dengan berat badan yang proporsional . Nah berat badan proporsional inilah yang dimaksud dengan ideal . Lalu bagaimana Cara Menghitung Berat Badan Ideal pada Tes Performance Pramugari  tersebut ? 

Untuk Menghitung Berat Badan Ideal pada Tes Performance Pramugari ini terdapat 2 macam cara yang familiar digunakan oleh maskapai penerbangan untuk Menghitung Berat Badan Ideal pada Tes Performance Pramugari dan silakan Anda simak uraian berikut !!

Cara Menghitung Berat Badan Ideal dengan Rumus BMI

Perhitungan berat badan ideal dengan menggunakan rumus BMI ( Body Mess Index ) atau IMT ( Index Massa Tubuh ) seringkali digunakan pada perusahaan – perusahaan yang memasukkan tes performance dalam tes seleksi penerimaan karyawan barunya . 

Rumus pertama ini akan menggabungkan antara tinggi danb erat seseorang yang akan dicari tahu apakah tergolong ideal ataukah tidak . Dan berikut ini adalah cara perhitungannya :

BMI = Berat Badan dalam kilogram : ( Tinggi Badan dalam meter x Tinggi Badan dalam meter )
TABEL STANDAR BMI UNTUK WANITA 
Hasil BMI
Kategori Berat Badan
Kurang dari 18
Under weight / kurus
18 - 25
Normal / Ideal
25 - 27
Over weight / kegemukan
Diatas 27
Obesitas

Contoh kasus dan jawabannya .
Natasya memiliki tinggi badan 170 cm dan memiliki berat badan seberat 65 kg. Apakah berat badan Natasya termasuk kategori ideal dan akan lolos tes performance pramugari ?

Jawaban:
BMI = 65 kg : ( 1,7 m x 1,7 m ) = 65 kg : 2,89 m = 22,49
Berhubung dari perhitungan diatas BMI Natasya terhitung 22,49 sehingga jika dilihat dari TABEL STANDAR BMI UNTUK WANITA diatas , Natasya termasuk wanita yang memiliki berat badan yang ideal .

Cara Menghitung Berat Badan Ideal dengan Rumus Brocha

Selain menggunakan rumus BMI , Rumus Brocha juga seringkali digunakan oleh perusahaan untuk menentukan berat badan ideal calon karyawannya . Mengenai langkah cara perhitungannya adalah sebagai berikut :

Berat badan Ideal = ( Tinggi badan dalam centimeter – 100 ) – { 15% x (Tinggi badan dalam centimeter – 100 ) }

Contoh kasus dan jawabannya.
Ketika menjalani pengukuran tinggi badan di rumah sakit , tinggi badan Fahira menunjuk pada angka 165 cm . Lalu berapa berat badan yang seharusnya dimiliki oleh Fahira agar berat badannya tergolong dalam berat badan ideal ?

Jawaban :
Berat badan ideal = ( 165 cm – 100 ) – { 15% x ( 165 cm – 100)} = 65 – { 15% x 65 }  = 65 – 9,75 = 55,25 kg

Sehingga berat badan yang sebaiknya dimiliki oleh Fahira agar tergolong wanita berberat badan ideal adalah sekitar 55 kg .
Cara Menghitung Berat Badan Ideal Pada Tes Performance Pramugari


Demikian informasi yang dapat admin berikan perihal Cara Menghitung Berat Badan Ideal pada Tes Performance Pramugari . Semoga bermanfaat ya para FA Wannabe :)

Info Menarik Tentang Sekolah Pramugari     

Buat kamu yang saat ini masih dalam tahap mengidealkan berat badan , Sekolah Pramugari PSPP akan memberikan Anda kesempatan untuk tetap dapat masuk mengikuti pendidikannya lho . Pendidikan yang hanya akan berlangsung selama 4 bulan disertai kegiatan OJT selama 2 bulan ini juga akan memberikan beragam tips menarik untuk para peserta didiknya agar bisa mencapai berat badan yang ideal sehingga mudah untuk menghapai Tes Performance Pramugari .
Cara Menghitung Berat Badan Ideal Pada Tes Performance Pramugari

Mengenai cara bergabung di sekolah pramugari di PSPP Penerbangan ini, Anda dapat langsung menghubungi Kak Diyan selaku panitia penerimaan peserta didik baru Sekolah Pramugari Terbaik PSPP Penerbangan melalui WhatsApp 0822-2500-7272 / BBM 26D5777F  . Terimakasih & semoga bermanfaat :)

Tidak ada komentar