Breaking News

Peluang Kerja Pramugari dan Petugas Bandara semakin luas



Jakarta merupakan ibu kota Negara Kesatuan Republik Indonesia. Sebagai negara kepulauan yang memiliki tiga zona pembagian waktu, Indonesia memiliki wilayah udara yang sangat luas.  Indonesia merupakan pasar penerbangan terbesar di wilayah Asia Tenggara.
Negara Kesatuan Republik Indonesia memproklamasikan kemerdekaan pada tanggal 17 Agustus 1945 . Dan pada akhir 1949, bisnis penerbangan di wilayah Indonesia mulai dibuka kembali. Pemerintah Indonesia pada Desember 1949 memperkenalkan maskapai penerbangan dengan nama Garuda Indonesia yang merupakan maskapai penerbangan nasional Indonesia. Garuda Indonesia mendominasi layanan penerbangan dengan route penerbangan ke kota-kota besar di wilayah Indonesia. Kemudian pada tahun 1962, maskapai Merpati Nusantara Airlines  didirikan oleh pemerintah Indonesia untuk melayani penerbangan yang menghubungkan pelosok kecil Indonesia. Tetapi ternyata usia maskapai ini harus terhenti pada tahun 2014 dikarenakan mengalami kebangkrutan.
Bisnis industri dunia penerbangan memiliki peranan yang sangat penting dalam industri pelayanan dan pariwisata terutama di wilayah Indonesia. Terlebih lagi minat masyarakat untuk menggunakan moda transportasi udara belakangan ini cenderung meningkat pesat. Pemerintah Indonesia mulai mengumumkan tentang adanya kebijakan dalam hal penerbangan, yang memungkinkan perizinan yang lebih mudah untuk mendirikan maskapai penerbangan baru pada tahun 2000.  Kebijakan ini tentunya akan menambah pemasukan bidang transportasi dan akan meningkatkan bisnis penerbangan di Indonesia, yang tentunya juga akan meningkatkan industri pariwisata Indonesia.
Semenjak peraturan tersebut diumumkan, maskapai – maskapai baru di Indonesia mulai bermunculan seperti Lion Air, Sriwijaya Air, Batavia Air, Adam Air, dan lain –lain. Yang sebelumnya hanya di dominasi oleh Garuda Indonesia dan Merpati Nusantara Airlines.
Dengan banyaknya perusahaan penerbangan atau maskapai di Indonesia, tentunya lowongan pekerjaan di bidang penerbangan pun semakin luas. Dan yang perlu Anda ketahui adalah bahwa berkarier di dunia penerbangan sangatlah menjanjikan. Profesi – profesi yang ditawarkan pun beragam , diantaranya adalah :
1.      Pilot
Yaitu seseorang yang bertugas menerbangkan pesawat terbang baik pesawat sipil maupun militer
2.      Flight Attendant atau Pramugari
Awak kabin yang bertugas menjaga keselamatan dan kenyamanan penumpang
3.      Air Traffic Controller
Polisi Lalu Lintas Udara yang berwenang mengatur lalu lintas pesawat terbang
4.      Aircraft Maintenance Engineer
Seseorang yang berkewajiban memeriksa pesawat agar selalu baik saat dipakai untuk terbang
5.      Flight Operation Officer
Seseorang yang mengatur penerbangan dari darat
6.      Marshaller
Seseorang yang memberi komando kepada pilot untuk memarkirkan pesawatnya setelah mendarat di landasan pacu.
7.      Staff Airlines
Yaitu petugas bandara yang melayani penumpang ketika di darat baik sebelum terbang maupun setelah penerbangan berlangsung.
Staff Airlines dibagi menjadi beberapa divisi, diantaranya adalah :
·         Ticket Sales
·         Check In Counter
·         Baggage Handling
·         Boarding
·         Transfer Desk
·         Lost and Found Baggage
·         Dan lain - lain
8.      Aviation Security
Yaitu petugas bandara yang memiliki kewenangan menjaga keamanan penerbangan
Demikian informasi mengenai beberapa jenis profesi yang ada di dunia penerbangan. Semoga menjadi tambahan wawasan bagi Anda.
Untuk Anda yang saat ini telah menyelesaikan pendidikan di sekolah menengah atas maupun kejuruan, mari bergabung dengan mengikuti pendidikan dan pelatihan di PSPP Penerbangan. Dan raihlah kesempatan Anda berkarier di dunia penerbangan.

Saat ini PSPP Penerbangan sedang membuka pendaftaran untuk peserta didik baru dengan menyelenggarakan 3 pilihan program pendidikan , yaitu :
·         Program Pendidikan Pramugari yang dapat diikuti peserta didik selama 9 bulan
·         Program Pendidikan Staff Penerbangan yang dapat diikuti peserta didik selama 6 bulan
·         Program Pendidikan Aviation Security yang dapat diikuti peserta didik selama 6 bulan

Adapun untuk berkas pendaftaran yang dibutuhkan yaitu : 
  • Identitas Diri ( KTP / SIM / Raport )
  • Surat keterangan sehat ( Dokter/ PUSKESMAS / Rumah Sakit )
  • Pas foto berukuran 4 x 6
  • Foto seluruh badan

Jangan sampai peluang kerja yang menjanjikan ini jatuh ke tangan orang lain  J
Panitia penerimaan peserta didik baru kak Diyan 0822-2500-7272 atau BBM 26D5777F

Tidak ada komentar